RPP Prinsip-prinsip Bisnis SMK Kurikulum 2013 Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran

Berikut ini adalah RPP Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis SMK Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran yang telah menggunakan kurikulum 2013, silakan Bapak/Ibu cermati dan bisa digunakan untuk membuat RPP yang lebih bagus, silakan dicopi dan digunakan sebaik-baiknya....


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah             :  SMK .................
Program Keahlian       :  PEMASARAN
Mata Pelajaran            : Prinsip Prinsip Bisnis
Kelas/Semester            : XI/I (satu)
Topik /Tema                :  Prinsip Prinsip Bisnis
Alokasi Waktu            : 3 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti:
(KI-3)  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar
3.1  Mendeksipsikan pengertian Prinsip prinsip Bisnis
3.2  Mendeksipsikan peran dan fungsi Prinsip prinsip Bisnis
3.3  Mendeksipsikan tujuan Prinsip prinsip Bisnis
3.4  Mendeksipsikan manfaat Prinsip prinsip Bisnis
4.1  Mempresentasikan hasil

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.  Mendeskripsikan pengertian, peran dan fungsi ritel
3.2.  Mendeskripsikan ruang lingkup bisnis ritel
3.3.  Mendeskripsikan strategi bisnis  ritel
D.    Tujuan Pembelajaran
  Peserta didik diharapkan mampu;
3.1.Mendeksipsikan Pengertian Bisnis Ritel
3.2. Mendeksipsikan Peran Bisnis Ritel
3.3.Mendeksipsikan Fungsi Bisnis Ritel
3.4.Mendeksripsikan Ruang Lingkup Bisnis Ritel


E.       Materi Ajar
1.      Pengertian Bisnis Ritel
2.      Peran Bisnis Ritel
3.      Fungsi Bisnis Ritel
4.      Ruang Lingkup Bisnis Ritel

F.       Metode Pembelajaran
1.      Penugasan,
2.      Observasi
3.      Diskusi
4.       Presentasi,
G.      Media Pembelajaran
1.      Komputer dan LCD
2.      Power Point untuk langkah-langkah kegiatan
3.      Contoh-contoh kasus dan kisah dari koran/majalah/media lainnya
H.      Sumber Belajar
1.      Buku Paket Prinsip prinsip Bisnis Kelas XI
2.      Majalah, artikel, Koran dll



I.         Strategi Pembelajaran (Pengembangan)

Tatap muka
Mandiri terstruktur
Mandiri tidak terstruktur
      Peserta didik mengamati isi studi kasus Prinsip prinsip Bisnis
      Peserta didik menanyakan maksud isi dari studi  kasus tersebut
      Peserta didik mendiskusikan isi tentang studi kasus Prinsip prinsip Bisnis
      Peserta didik membuat kesimpulan isi studi kasus Prinsip prinsip Bisnis
      Peserta didik menpresentasikan hasil diskusi tentang isi studi kasus Prinsip prinsip Bisnis berdasarkan pendapat masing masing kelompok
      Peserta didik latihan mencari solusi dan tips yang baik didalam Prinsip prinsip Bisnis

     Peserta didik membiasakan menggunakan alat teknologi modern
     Peserta didik membiasakan berbisnis ritel
     Peserta didik membiasakan membaca media media yang berhubungan dengan Prinsip prinsip Bisnis




  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripasi Kegiatan
Alokasi
Waktu
 Pendahuluan
1)      Mengajak peserta didik berdoa untuk mengawali pembelajaran
2)      Melakukan konfirmasi  tentang kehadiran peserta didik
3)      Mengajak peserta didik berdinamika dengan yel-yel. Contoh: guru berkata:� Prinsip prinsip Bisnis Peserta didik menjawab: Praktis, hemat dan Puas oke� (tangan mengacungkan ibu jari )
4)      Menginformasikan materi ajar yang akan dipelajari, yaitu tentang Pengertian, peran dan fungsi Prinsip prinsip Bisnis�
10    10 menit
Inti, meliputi:
Mengamati
1)      Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi studi kasus yang terjadi pada Bisnis Ritel
2)      Mencermati tayangan tulisan studi kasus yang biasa terjadi pada Prinsip prinsip Bisnis.
Media tentang kontrol diri/mawas diri menghadapi konsumen Prinsip prinsip Bisnis mencakup ciri-ciri sebagai berikut:
         Tidak adanya tatap muka dengan konsumen
         Adanya resiko kerugian dan penipuan

Media tentang perilaku seseorang didalam Prinsip prinsip Bisnis mencakup ciri-ciri sebagai berikut:
         teliti
         cepat menangkap peluang
         jujur
         tanggung jawab
         menguasai teknologi modern

150 110 menit  
Menanya
1.      Menanyakan pengertian Prinsip prinsip Bisnis
2.      Mengajukan pertanyaan terkait Prinsip prinsip Bisnis
3.      Mendengarkan pertanyaan peserta didik tentang tujuan Prinsip prinsip Bisnis
4.      Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan peran Prinsip prinsip Bisnis.
5.      Memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjawab.
6.      Pemerataan peserta didik dalam menjawab (tidak didominasi oleh salah satu peserta didik saja).
7.      Memperhatikan peserta didik lain yang tidak berani memberikan jawaban.
8.      Mengamati  keberanian dan sikap  peserta didik dalam menjawab dan memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban dari peserta didik lain.

Mengumpulkan
Data melalui
eksplorasi
1.      Peserta didik membagi diri menjadi 5 kelompok dan duduk sesuai dengan kelompoknya. Pembagian tugas diatur sebagai berikut:
      Kelompok I mendiskusikan pengertian Prinsip prinsip Bisnis
      Kelompok II menganalisis peran Prinsip prinsip Bisnis
      Kelompok III menganalisis fungsi Prinsip prinsip Bisnis
      Kelompok IV mengidentifikasi ruang lingkup Prinsip prinsip Bisnis
2.      Selanjutnya peserta didik mencari jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan serta memecahkan kasus  yang diberikan kelompoknya dengan mengunakan berbagai sumber.
3.      Ketika diskusi kelompok sedang berlangsung, peserta didik selalu dimotivasi, dibimbing, difasilitasi dan diingatkan guru agar dapat bekerjasama/gotong royong, toleransi, peduli, santun dan bertanggung jawab untuk melakukan tugas diskusi kelompok
4.      Selama pembelajaran berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terhadap peserta didik terkait dengan disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, responsif dan kreatif peserta didiknya, serta mencatat di lembar pengamatan semua hal yang terjadi di kelas (penilaian proses). Juga memperhatikan cara peserta didik berdiskusi dan menyusun resume (sekaligus menilai keberanian mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyusun resume. Jika ada peserta didik yang tidak aktif dalam mengemukakan pendapat dan pembuatan resume, langsung diingatkan dan diberi catatan)

Asosiasi
1.      Setelah peserta didik dalam kelompok mendapatkan jawaban dari berbagai informasi, kemudian diminta untuk menyimpulkan jawaban, membuat Resume Hasil Diskusi, dan selanjutnya menyiapkan bahan untuk dipresentasikan di depan kelas.

Komunikasi
2.      Selanjutnya setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain mengajukan pertanyaan/sanggahan dengan menggunakan kata-kata santun. Adapun urutan mempresentasikannya adalah sbb:
      Kelompok I mendiskusikan pengertian Prinsip prinsip Bisnis
      Kelompok II menganalisis peran Prinsip prinsip Bisnis
      Kelompok III menganalisis fungsi Prinsip prinsip Bisnis
      Kelompok IV mengidentifikasi ruang Prinsip prinsip Bisnis
3.      Setelah selesai presentasi peserta didik mendemonstrasikan cara berbisnis ritel  yang benar
4.      Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir diskusi.
5.      Peserta didik mengumpulkan hasil kerja kelompok
6.      Guru melakukan pencairan suasana (ice breaking) dengan bermacam-macam teknik.



Kegiatan Akhir

Penutup

1)      Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang proses belajar yang dilakukan (merefleksi kegiatan), apakah ada masukan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya.
15 menit

2)      Peserta didik menyimak penjelasan tentang materi ajar serta tugas yang diberikan guru terkait dengan pembelajaran selanjutnya
3)      Mengajak semua peserta didik berdo�a untuk mengakhiri pembelajaran
4)      Guru mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
K.      Penilaian Proses dan Hasil Pembelajar(Terlampir)
1.         Tes (tulis dan lisan)

2.         Non tes (tugas, observasi, portofolio dan refleksi)

LEMBAR PENILAIAN
1.    Tes
      Tulis
No Soal
Butir Soal
Jawaban Soal
1.
Apa yang dimaksud dengan deferensiasi bisnis retail ?

Diferensiasi bisnis retail  merupakan upaya dalam membedakan diri dengan pesaing. Diferensiasi mampu mendatangkan excellent value ke pelanggan, merupakan keunggulan bersaing dibanding pesaing, dan bersifat unik. Diferensiasi dibangun melalui tahap segmentasi, targeting, positioning, diferensiasi, dan komunikasikan diferensiasi.
2.
Jelaskan mengapa deferensiasi sangat berguna didalam bisnis retail  ?
Deferensiasi sangat berguna didalam bisnis retail karena dengan adanya diferensiasi para konsumen tidak perlu dibuat bingung dengan banyaknya retail-retail yang saat ini pertumbuhannya mengalami kemajuan yang cukup pesat. Dengan adanya deferensiasi ini juga membantu para retailer untuk lebih fokus dalam usaha pemenuhan kebutuhan para konsumen sesuai dengan deferensiasi yang mereka sepakati
3.
Sebutkan dan jelaskan  3 metode dalam penetapan harga !

a.   Penetapan harga termurah (leader pricing)Ritel meneapkan harga lebih rendah dari pada harga normalnya untuk item tertentu
b.   Penetapan lini harga (price lining) : Ritel menawarkan sejumlah poin harga terbatas yang ditentukan sebelumnya dalam suatu klasifikasi
c.   Penetapan harga ganjil (odd pricing) : Praktik pemakaian suatu harga yang berakhir dalam jumlah atau bilangan ganjil, khususnya sembilan.

5.
Sebutkan dan jelaskan klasifikasi bisnis retail yang anda ketahui !
Klasifikasi Ritel
1.Klasifikasi deskriptif
Pasar ritel dibagi menjadi 2 tipe yaitu berdasarkan :
a. tipe  kepemilikan (type of ownership)
b. tipe keragaman barang yang dijual(type of merchandise carried)
2. Klasifikasi strategic
Pasar retel dibedakan berdasarkan strategi yang digunakan,yaitu :
a. margin/turnover strategy
b.retail price and service strategy
c. strategic group classification
d. gross margin � merchandise type classification
3. Klasifikasi tingkat pelayanan
Dibagi menajadi :
a.  penjualan eceran swalayan
b. penjualan eceran dengan memilih dendiri
Contoh : toko baju dipasar
c. penjualan eceran dengan penjualan terbatas
Contoh : toko elektronik
d. penjualan eceran dengan pelayanan penuh
Contoh : toko perhiasan,butik
Lihat, apakah ada alamat lengkap beserta no telepon dari pemilik atau kantor cabang. Alamat yang lengkap lebih kuat dibandingkan hanya sekedar nama saja.

Baca mengenai testimonial yang diberikan, apakah kelihatan benar-benar nyata. Cara paling aman membeli sesuatu adalah dengan melihat testimonial yang diberikan oleh pemakai sebelumnya.





1.      Lisan (mempresentasikan hasil diskusi)
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Kelompok 1





2.           2
Kelompok 2





3.           3
Kelompok 3






Kelompok 4





Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 � 90 = A
      Mempresentasikan baik                                          = 70 � 79 = B
      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 � 69 = C
      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 � 59 = D
      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E

2.    Non Tes  
L.   Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di ketik computer dan di kirim melalui email )
(Format Contoh Terlampir)



3.   Refleksi
Berilah tanda �cek� ( ? ) yang sesuai dengan dorongan hati kamu menanggapi pernyataan-pernyataan yang tersedia !

No.

Pernyataan
Kebiasaan
Tidak setuju
 setuju
Sangat setuju
1
Didalam Ritel Bisnis dapat membantu konsumen mendapatkan kebutuhan



2
Tradisional dan modern



3
Produk yang ditawarkan dalam ritel  Bisnis



4
Ritel Bisnis bersifat ilegal



5
Ritel  Bisnis mampu memperoleh keuntungan yang sangat besar




Keterangan :                Skor Tes Sikap:
 Tidak setuju                    = 1
 setuju                               2

 sangat setuju                   = 3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Prinsip-prinsip Bisnis SMK Kurikulum 2013 Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran"

Post a Comment