No | Kompe- tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
1 | Pedagogik | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1 Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | Mengidentifikasi karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik. |
2 | Pedagogik | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Menemukenali potensi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia |
3 | Pedagogik | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Menemukenali skema kognitif awal peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia |
4 | Pedagogik | Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu | Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik berdasarkan gaya belajar |
5 | Pedagogik | 2. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik | 2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu | Menganalisis berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia |
6 | Pedagogik | 2. Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik | 2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia |
7 | Pedagogik | 3.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. | Mengidentifikasi prinsip- prinsip pengembangan kurikulum |
8 | Pedagogik | 3.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu | Merumuskan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia |
9 | Pedagogik | 3.Mengembangkan | 3.3 Menentukan pengalaman | Mengidentifikasi |
No | Kompe- tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu | pengalaman belajar peserta didik dengan materi yang yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia | ||
9 | Pedagogik | 3.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu | Mengidentifikasi pengalaman belajar peserta didik dengan materi yang yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia |
9 | Pedagogik | 3.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu | Mengidentifikasi pengalaman belajar peserta didik dengan materi yang yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia |
10 | Pedagogik | 3.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran | Menerapkan materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran |
11 | Pedagogik | 3.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik | Mengorganisasi materi pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik |
12 | Pedagogik | 3.Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. | Merumuskan indikator dan instrumen penilaian |
13 | Pedagogik | 4.Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | 4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik | Menjelaskan Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran bahasa Indonesia yang mendidik |
14 | Pedagogik | 4.Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | 4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran | Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran |
15 | Pedagogik | 4.Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | 4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan | Menyusun rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas dan di luar kelas |
16 | Pedagogik | 4.Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | 4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan | Menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam kelas dan di luar kelas |
17 | Pedagogik | 4.Menyelenggarakan | 4.5 Menggunakan media | Memanfaatkan media |
No | Kompe- tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
pembelajaran yang mendidik | pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh | ||
18 | Pedagogik | 4.Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik | 4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang | Mengelola situasi dan kondisi yang berkembang di dalam kelas |
19 | Pedagogik | 5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran | 5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu | Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia |
20 | Pedagogik | 6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki | 6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal. | Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal |
21 | Pedagogik | 6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki | 6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya | Menerapkan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik |
22 | Pedagogik | 7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik | 7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain | Menerapkan berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain |
23 | Pedagogik | 7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik | 7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya | Menerapkan komunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia |
No | Kompe- tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
24 | Pedagogik | 8.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. | Menjelaskan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia |
25 | Pedagogik | 8.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu | Menganalisis aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia |
26 | Pedagogik | 8.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Menerapkan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia |
27 | Pedagogik | 8.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia |
28 | Pedagogik | 8.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen | Membuat laporan/rapor hasil penilaian proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen |
29 | Pedagogik | 8.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan | Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia untuk berbagai tujuan |
30 | Pedagogik | 8.Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar | 8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar | Mengevaluasi proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia |
31 | Pedagogik | 9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | 9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar | Menerapkan data hasil belajar peserta didik untuk menentukan KKM Bahasa Indonesia |
32 | Pedagogik | 9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | 9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan | Memanfaatkan data hasil belajar peserta didik untuk merancang program remedial dan pengayaan |
33 | Pedagogik | 9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | 9.3 Mengomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan | Menyampaikan hasil penilaian dan evaluasi kepada orang tua/wali peserta didik |
34 | Pedagogik | 9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran | 9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran | Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa |
No | Kompe- tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
Indonesia | ||||
35 | Pedagogik | 10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran | 10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan | Melakukan refleksi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia yang telah dilaksanakan |
36 | Pedagogik | 10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran | 10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia |
37 | Pedagogik | 10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran | 10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu | Menerapkan PTK untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia |
1 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi teori linguistik strutural yang terkait dengan pengembangan materi kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat. |
2 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi teori linguistik deskriptif yang terkait dengan pengembangan materi kelas kata bahasa Indonesia dengan tepat. |
3 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat. |
4 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat. |
5 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi | Mengidentifikasi materi pembelajaran sintaksis bahasa Indonesia berdasarkan aliran |
No | Kompe- tensi Utama | Standar Kompetensi Guru (SKG) | ||
Kompetensi Inti Guru (KI) | Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | C | D | E |
pelajaran yang diampu. | pembelajaran bahasa. | struktural dengan tepat. | ||
6 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran struktural dengan tepat. |
7 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat. |
8 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat. |
9 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran morfologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat. |
10 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran fonologi bahasa Indonesia berdasarkan aliran deskriptif dengan tepat. |
11 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. | Memahami konsep, teori, dan materi berbagai aliran linguistik yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. | Mengidentifikasi materi pembelajaran kelas kata bahasa Indonesia berdasarkan aliran fungsional dengan tepat. |
12 | Profesional | Menguasai materi, struktur, konsep, dan | Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. | Mengidentifikasi konsep hakikat bahasa. |
Untuk Download Selengkapnya silakan klik link berikut ini
0 Response to "Kisi-Kisi Materi PLPG Tahun 2017 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"
Post a Comment